Monday, October 3, 2011

Alibaba Ingin Caplok Yahoo

Alibaba Ingin Caplok Yahoo

Jakarta - Rumor bahwa Yahoo akan dijual makin kuat dengan adanya pernyataan dari CEO Alibaba bahwa pihaknya sangat berminat dengan Yahoo. "Kami sangat, sangat tertarik membeli Yahoo," ujar Jack Ma, CEO dan chairman Alibaba.

Jack Ma bahkan menambahkan bahwa mereka sangat ingin membeli keseluruhan Yahoo namun terhadang oleh rumitnya proses yang harus dijalankan. Hal ini mengingat banyak 'pemain' yang akan terlibat.

Alibaba adalah sebuah perusahaan berbasis web yang didirikan di China pada tahun 1998. Grup besar ini memiliki banyak layanan seperti platform retail & payment, mesin pencari belanja, dan layanan cloud computing.

Alibaba Group memiliki pekerja puluhan ribu di sekitar 70 kota dan kantornya tersebar di berbagai negara termasuk Inggris dan Amerika Serikat, demikian dikutip detikINET dari VentureBeat, Senin (3/10/2011).

Yahoo dan Alibaba bukanlah kawan baru. Kedua perusahaan besar ini sudah menjalin kerjasama sejak bertahun-tahun lalu.

Pada Agustus 2005, Yahoo telah mengumumkan hubungan strategik dengan Alibaba Group di China. Di bawah persetujuan tersebut Yahoo menyerahkan bisnis Yahoo China-nya ke Alibaba.com.

Kedua pihak itupun bahu membahu membangun brand Yahoo di China dengan gol untuk menciptakan web property terbesar di sana. Raksasa internet ini juga telah berinvestasi sebesar USD 1 miliar dan memiliki saham sebesar 40% sehingga memposisikan Yahoo sebagai investor terbesar di Alibaba.com.

Posisi Yahoo sendiri makin tidak stabil semenjak pemecatan mantan CEO Yaoo, Carol Bratz.

Selain Alibaba, pihak yang dikabarkan berminat membeli Yahoo ialah Microsoft. Awal bulan ini Yahoo juga dikabarkan akan melakukan pembicaraan merger atau akuisisi dengan Aol.




( sha / wsh )

Sumber detik com

Artikel yang Berkaitan

0 komentar:

Post a Comment