Wednesday, October 5, 2011

Jepang Buat Casing Ponsel Pengawas Radiasi

Jepang Buat Casing Ponsel Pengawas Radiasi

Jakarta - Casing atau penutup smartphone yang bisa memonitor tingkat radiasi menjadi salah satu dari sekian banyak hasil pengembangan teknologi yang menarik perhatian pada perhelatan Ceatec, pameran electronic terbesar di Jepang.

Adalah NTT Docomo, operator nomor satu di Jepang yang memamerkan temuannya tersebut. Ketakutan publik atas dampak kebocoran senyawa radioaktif dari pembangkit listrik tenaga nuklir (PLTN) Fukushima menjadi latar belakang mereka mengembangkan teknologi tersebut.

Seperti diketahui, gempa dan tsunami yang menghantam Jepang Maret silam telah turut merusak PLTN Fukushima. Dengan berbagai cara, pemerintah Jepang mengupayakan segala cara untuk setidaknya mengurangi tingkat radiasi.

Guna memudahkan siapa saja mengukur tingkat radiasi, NTT Docomo punya ide untuk mengaplikasikan alat monitoring radiasi tersebut di casing smartphone. Bagaimana cara kerjanya?

Dilansir Telegraph dan dikutip detikINET, Rabu (5/10/2011), casing ini bekerja serempak dengan sebuah aplikasi yang memungkinkan pengguna menggabungkan hasil pembacaan radiasi dengan data GPS untuk menandai area yang memiliki kandungan radiasi tinggi.

Asisten Manager divisi pengembangan perangkat komunikasi NTT Docomo Kouki Hayashi mengatakan, para ilmuwan di perusahaannya masih mencari cara agar perangkat itu bisa digunakan dengan mudah dan efektif.

"Masih dalam tahap pengembangan. Namun satu contoh penemuan ini nantinya bisa dengan mudah digunakan, misalnya oleh seorang ibu untuk mengukur radiasi di taman tempat anaknya bermain atau di jalan yang dilalui putra putri mereka saat pergi ke sekolah," jelasnya.




( rns / ash )

Sumber detik com

Artikel yang Berkaitan

0 komentar:

Post a Comment