Wednesday, August 24, 2011

Kalahkan AS, China Jadi Pasar PC Terbesar

Kalahkan AS, China Jadi Pasar PC Terbesar

Jakarta - Di kuartal kedua 2011 ini, China berhasil mengambil alih tahta Amerika Serikat sebagai pasar PC (Personal Computer) terbesar di dunia. Tak cuma itu, analis bahkan meyakini China akan benar-benar mengungguli Amerika tahun depan.

"Dengan populasi yang besar dan peningkatan pendapatan warga China, hal ini sangat bisa terjadi," ujar Toshihiro Nagahama dari Dai-ichi Research Institute Inc. di Tokyo seperti yang dikutip detikINET dari Bloomberg, Rabu (24/8/2011).

Di kuartal kedua, pengapalan PC di China naik 14% menjadi 18,5 juta unit, sebaliknya di Amerika, angkanya turun sebesar 4,8% menjadi 17,7 juta unit. Sebelumnya, Amerika mendominasi industri ini selama 3 dekade dengan pemimpin utama Apple Inc. dan IBM.

Nilai pengapalan komputer di China mencapai USD 11,9 miliar, hanya selisih sedikit dengan Amerika USD 11,7 miliar. Kemenangan China atas Amerika ini menguatkan sorotan pada konsumen di negara tirai bambu tersebut setelah sebelumnya pada tahun 2009 mereka juga mengungguli Amerika di pasar otomotif.

Industri komputer di China diramaikan oleh Hewlett Packard (HP) sebelum akhirnya mereka memutuskan untuk keluar dari bisnis PC. Atas keputusan tersebut, hal ini disebut-sebut akan menguntungkan Lenovo Group Ltd yang profitnya sendiri sudah naik hampir dua kali lipat.

Meriahnya pasar PC di China juga didukung oleh trend iPad keluaran Apple dan komputer tablet lainnya. Untuk menyaingi Apple, Lenovo telah mulai menjual produk baru termasuk smartphone dan juga komputer tablet.



( sdj / rou )

Sumber detik com

Artikel yang Berkaitan

0 komentar:

Post a Comment