Tuesday, July 26, 2011

Saingi Google dan Apple, China Bikin OS Sendiri

Saingi Google dan Apple, China Bikin OS Sendiri

Jakarta - Alibaba mengumumkan rencana meluncurkan sistem operasi (OS) mobile. Situs e-commerce terbesar di China ini ingin bersaing dengan Google dan Apple di pangsa pasar software smartphone.

Tak hanya membuat OS, seperti dilansir AFP dan dikutip detikINET, Selasa (26/7/2011), Alibaba juga akan merilis smartphone pertamanya. Peluncuran OS dan smartphone Alibaba dijadwalkan berlangsung pekan depan di Beijing.

Juru bicara Alibaba, Florence Shih menyebutkan, smartphone tersebut akan dibanderol seharga 2.000 - 3.000 yuan (sekitar Rp 2,6 juta - Rp 3,9 juta). Di dalamnya ditanamkan sejumlah aplikasi berbasis cloud dan pre-installed software map dan instant messaging. Smartphone ini akan diproduksi oleh Beijing Tianyu Telecommunications Equipment dengan chip dari Nvidia.

Data yang dirilis firma riset Analysys International di Beijing, memperlihatkan penjualan smartphone di China tumbuh menjadi 19,91 juta unit pada kuartal pertama 2011. Angka ini meningkat 4,8 persen dari kuartal sebelumnya. Tentunya ini adalah pasar menggiurkan yang menarik minat Alibaba terjun di dalamnya.

Namun banyak analis di China meragukan kemampuan para pendatang baru, termasuk Alibaba. Menurut mereka, akan sulit bagi kompetitor baru memasuki lahan yang telah dikuasai nama-nama besar seperti Android Google, iOS Apple dan platform Symbian Nokia.

"Ini akan sangat menantang bagi OS yang lebih kecil untuk berekspansi di pasar yang sudah sangat stabil saat ini," kata Li Muzhi, analis dari Mizuho Securities.

Menurutnya, jika Alibaba ingin sukses, mereka harus membuat OS-nya sebagai platform terbuka dan memiliki beberapa fitur yang tak hanya menguntungkan pengguna tapi juga menguntungkan manufaktur.

Sumber detik com

Artikel yang Berkaitan

0 komentar:

Post a Comment