Wednesday, July 27, 2011

Budaya Indonesia, Tambang Emas Video Game

Budaya Indonesia, 'Tambang Emas' Video Game

Jakarta - Indonesia adalah negara yang penuh dengan keanekaragaman, misalnya dalam bidang budaya. Keberagaman ini dinilai sebagai 'tambang emas' bagi para developer untuk dijadikan sebagai tema dalam video game.

Saat ini, sudah ada beberapa game online yang dikembangkan dengan latar belakang budaya lokal. Sebut saja Majapahit Online ataupun Nusantara Online. Para developernya punya alasan tersendiri mengapa memilih mengangkat kebudayaan asli Indonesia.

"Majapahit Online muncul karena keprihatinan terhadap lunturnya kebanggan terhadap budaya lokal. Padahal banyak warisan sejarah di Indonesia dan kita mau mengangkat yang paling hebat," kata Ivan Chen, pengembang Majapahit Online dalam acara Ngopi Bareng detikINET.

Majapahit dipilih karena dipandang sebagai kerajaan yang paling hebat dalam sejarah Tanah Air. Kerajaan ini mungkin adalah yang pertama kali menyatukan hampir seluruh nusantara dalam kekuasaannya.

Setali tiga uang dengan Ivan, Heru Nugroho selaku pembesut Nusantara Online menilai sejarah Indonesia sangat menarik dijadikan game online. Ia juga punya misi mempertahankan kultur lokal di tengah serbuan budaya mancanegara.

"Kami ingin mengangkat nilai yang sesuai bagi masyarakat Indonesia. Kultur kita kan beda dengan Eropa misalnya," ucapnya.

Heru pun memilih membuat video game sebagai media karena jangkauannya yang luas. Anak-anak misalnya, akan lebih mengerti konten cerita melalui video game, karena bisa dimainkan dengan menyenangkan.

Ngopi Bareng detikINET adalah diskusi santai bulanan yang diadakan detikINET. Acara kali ini didukung oleh Anomali Coffee dan Vipre

Sumber detik com

Artikel yang Berkaitan

0 komentar:

Post a Comment