Sunday, May 22, 2011

Pabrik iPad Meledak, Dua Pekerja Tewas

Jakarta - Musibah terjadi di pabrik perakitan komputer tablet Apple iPad. Pabrik milik Foxconn yang berlokasi di China itu meledak dan mengakibatkan dua orang pekerja tewas serta 16 lainnya terluka.

Penyebab ledakan besar ini belum diketahui dan masih diinvestigasi oleh aparat terkait. Fasilitas manufaktur Foxconn yang meledak berada di Hongguang Town, Pi County, Chengdu, Propinsi Sichuan.

Seperti dilansir InformationWeek dan dikutip detikINET, Minggu (22/5/2011), pihak Foxconn sudah mengkonfirmasi terjadinya ledakan. Mereka berjanji merawat pekerja yang terluka dan telah menghubungi pihak keluarga masing-masing.

Insiden ledakan dicemaskan membuat pasokan iPad 2 tersendat. Belum ada konfirmasi dari Foxconn maupun Apple mengenai kecemasan itu. Foxconn hanya menyatakan produksi ditunda sementara untuk memberi kesempatan aparat menggelar investigasi.

"Produksi ditunda sampai investigasi selesai. Keselamatan pekerja adalah prioritas tertinggi dan kami akan melakukan semua yang dibutuhkan untuk mengetahui penyebab insiden tragis ini," kata juru bicara Foxconn.

Foxconn, subsidiari dari Hon Hai Precision Industry, perusahaan asal Taiwan, dikontrak Apple untuk merakit iPad, iPhone dan iPod. Mereka juga mendapat kontrak dari perusahaan teknologi lain seperti Amazon, Acer, Asus, Intel, Sony, Hewlett Packard sampai Nokia.

Bermacam kontroversi telah melanda Foxconn, contohnya kasus bunuh diri pekerjanya yang konon karena kondisi kerja kurang baik dan gaji minim. Baru-baru ini, Foxconn pun menaikkan gaji karyawan untuk mencegah kejadian serupa terulang kembali.




( fyk / fyk )

Artikel yang Berkaitan

0 komentar:

Post a Comment