Tuesday, May 24, 2011

Foxconn: Ledakan Tak Pengaruhi Pasokan iPad

Jakarta - Ledakan di pabrik Foxconn pada Jumat pekan lalu, dipastikan tidak menyebabkan tertundanya pasokan iPad. Foxconn mengonfirmasikan hal ini untuk menjawab spekulasi yang berkembang.

Pada pertemuan dengan para supplier, Terry Gou, CEO Hon Hai yang merupakan perusahaan induk Foxconn, menegaskan berulang kali bahwa ledakan tidak akan menghambat produksi iPad 2 atau produk baru yang berhubungan dengan iPad atau iPhone yang dijadwalkan diproduksi pada kuartal ketiga.

Adapun penyebab terjadinya ledakan, seperti dikutip detikINET dari Cnet, Selasa (24/5/2011), hingga saat ini masih belum diketahui. Namun juru bicara Foxconn menyebutkan, ledakan kemungkinan disebabkan oleh sejenis debu bahan kimia yang mudah terbakar di bengkel kerja para pegawai pabrik.

Jika benar demikian, ledakan itu sebenarnya sudah diperkirakan sebelumnya berdasarkan laporan yang ditulis Students and Scholars Against Corporate Misbehaviour (SACOM) yang dirilis awal bulan ini. Laporan itu menyoroti berbagai masalah di pabrik yang berlokasi di Chengdu tersebut.

"Para pekerja tidak mendapatkan cukup pengetahuan dan pelatihan mengenai penggunaan bahan kimia. Mereka pun tidak mendapatkan pemeriksaan kesehatan secara reguler," demikian laporan SACOM kala itu.




( rns / ash )

Artikel yang Berkaitan

0 komentar:

Post a Comment