Tuesday, May 24, 2011

Ilmuwan Teliti Baterai Tenaga Kuman

Jakarta - Penelitian energi alternatif yang menjadikan bakteri dan mikroba lainnya sebagai sumber energi makin mendekati kenyataan. Bakal hadir gadget bertenaga bakteri?

Perkembangan dalam penelitian itu terjadi setelah adanya temuan terbaru dari peneliti di Inggris. Seperti dikutip detikINET dari Reuters, Selasa (24/5/2011), ilmuwan menemukan adanya 'kabel' dari bakteri yang diteliti.

Apa yang ditemukan para peneliti adalah struktur bakteri yang ternyata memiliki semacam 'kabel' yang menembus dinding sel. Bagian tubuh yang berukuran sangat kecil itu berguna untuk melepas sisa energi listrik yang tidak dibutuhkan sang mikroba.

Dengan adanya termuan ini, peneliti bisa merancang elektroda yang lebih baik untuk menangkap energi yang dilepaskan bakteri. Penemuan itu diterbitkan dalam Proceedings of the National Academy of Sciences di AS.

"Sebelum ini, memanen listrik dari bakteri sama seperti membuat perangkat tanpa tahu seperti apa baterai yang digunakan. Kini kamu sudah punya cetak birunya," ujar peneliti Tom Clarke dari University of East Anglia, Inggris.

Menurut Clarke, semua mahluk hidup menghasilkan listrik. Misalnya, manusia menggunakan listrik untuk menjalankan otak dan jantungnya.

Hanya saja, bakteri ini memiliki mekanisme untuk melepaskan listrik yang berlebihan. Karena, ujar Clarke, jika terjadi penumpukan listrik semua aktivitas bakteri itu akan berhenti.

Bakteri yang diteliti bernama

Artikel yang Berkaitan

0 komentar:

Post a Comment