Tuesday, May 24, 2011

RIM Rangkul Developer Lokal dari Kampus

Bandung - Sebanyak 400 developer berkumpul di Aula Barat kampus Institut Teknologi Bandung (ITB). Mereka mengikuti workshop BlackBerry Developer Day 2011 yang digelar oleh Research in Motion (RIM).

Dalam kesempatan ini, RIM kembali mengajak developer lokal, khususnya yang berasal dari kampus untuk ikut mengembangkan aplikasi dan konten mobile.

Dalam paparannya di hadapan peserta, Johan Kremer, Head of Alliances for South East Asia Research in Motion (RIM), mengungkapkan bahwa saat ini sudah ada 375.000 developer dari seluruh dunia yang ikut mengembangkan aplikasi dan konten berbasis BlackBerry.

Dari angka tersebut, Johan mengaku tidak mengetahui secara pasti berapa yang berasal dari bandung.blogspot.com>Indonesia. Namun dirinya mengakui bahwa pengguna BlackBerry Tanah Air cukup besar.

"Tapi saya tidak tahu dari bandung.blogspot.com>Indonesia ada berapa. Yang saya tahu jumlah pengguna Blackberry di bandung.blogspot.com>Indonesia cukup banyak," katanya saat ditanya detikINET.

Disinggung mengenai alasan pihaknya memilih kampus ITB sebagai tempat menggelar acara, Johan beralasan bahwa RIM memang mengincar komunitas, khususnya di kalangan kampus untuk bisa berkerjasama. Sebab menurutnya kampus merupakan tempat yang sangat potensial untuk mengembangkan aplikasi dan konten.

"Dukungan dari kalangan akademisi di kampus membuat kampus merupakan tempat yang potensial untuk mengembangkan aplikasi dan konten. Ditambah lagi dengan fasilitas lab yang dimiliki, ini akan semakin memudahkan para pengembang untuk menghasilkan satu produk aplikasi atau konten," tuturnya.

Blackberry Academy Partnership

Senada dengan Johan, Kepala Lembaga Pengembangan Inovasi dan Kewirausahaan ITB, Suhono Harso Supangkat mengungkapkan bahwa pihaknya tengah menggodok satu upaya kerjasama dengan RIM.

"Kita tengah menggodok upaya kerjasama kita dengan berbagai pihak. Seperti dengan produsen BlackBerry ini, kita tengah upayakan pembentukan BlackBerry Academy Partnership di lembaga ini. Civitas akademika ITB bisa terlibat untuk mengembangkan aplikasi BlackBerry," jelasnya.

Suhono berharap rencana kerjasama yang tengah digodok tersebut bisa teralisasi di tahun ini. "Harapannya tahun ini bisa direalisasikan. Karena kita juga tidak hanya mengajak BlackBerry, kita ajak juga yang lain," tukasnya.




( afz / ash )

Artikel yang Berkaitan

0 komentar:

Post a Comment