Monday, May 23, 2011

Benarkah Twitter Disensor?

Jakarta - Seorang pesepakbola terkenal dari klub papan atas Liga Inggris melancarkan gugatan pada Twitter. Benarkah gugatan ini menyebabkan sensor di Twitter?

Seorang pesepakbola telah melakukan gugatan pada Twitter dan penggunanya. Gara-garanya, ada pengguna Twitter yang mengungkap nama pemain itu yang berselingkuh dengan model top Imogen Thomas.

Menurut Guardian, yang dikutip detikINET, Senin (23/5/2011), gugatan ini bisa jadi adalah yang pertamakalinya dilancarkan pada Twitter.

Gugatan ini terkait putusan pengadilan yang memerintahkan media massa di Inggris untuk tidak menyebutkan nama sang pemain. Namun di Twitter nama pemain itu tidak bisa dibendung dan bocor ke mana-mana.

Blogger Andrew Smith dari Meejahor.com pun mengangkat kecurigaannya bahwa Twitter melakukan sensor akibat gugatan itu.

Menurutnya, nama sang pesepakbola harusnya masuk daftar trending topic di Inggris. Namun kenyataannya tidak. Hal itu yang membuatnya menduga ada semacam sensor yang diterapkan Twitter.

Twitter tidak mengeluarkan komentar spesifik soal kasus itu, namun dalam posting tahun 2010 Twitter pernah berusaha menjelaskan soal algoritma di balik Trending Topic. (Penjelasan itu bisa dibaca di tulisan ini)

Pemain sepakbola tersebut adalah pemain kelahiran salah satu wilayah di Inggris Raya. Tim tempatnya berlaga saat ini sedang memperebutkan piala paling bergengsi di Eropa.



( wsh / wsh )

Artikel yang Berkaitan

0 komentar:

Post a Comment