Monday, November 7, 2011

Windows 8 Dukung Ratusan Prosesor

Windows 8 Dukung Ratusan Prosesor

Jakarta - Ke depannya tidak hanya kecepatan prosesor yang semakin meningkat, tapi juga jumlah 'otak' di masing-masing komponen inti itu. Oleh sebab itu Windows 8 dirancang untuk bisa mengelola ratusan prosesor sekaligus.

Saat ini mudah sekali mendapatkan prosesor dengan inti ganda, terlebih lagi berkat teknologi HyperThreading dari Intel yang mampu 'menggandakan' jumlah core pada tiap prosesor.

Hal ini tentunya sudah diantisipasi oleh Microsoft sebagai pemilik Windows. Pada Windows 7 misalnya, sistem operasi ini bisa digunakan pada sistem yang memiliki 160 core fisik pada tiap prosesor.

Tapi sayangnya sangat sulit memantau aktifitas tiap core prosesor tersebut saat menggunakan Windows 7. Sebab, status barnya terlalu kecil sehingga sulit melihat beban yang ditompang masing-masing core.





Dikutip detikINET dari tomshardware, Senin (7/11/2011), Ryan Haveson, pemimpin divisi User Experience coba memperbaiki hal tersebut dengan mengubahnya pada Windows 8. Tampilan Task Manager terlihat lebih baik, seperti gambar di bawah ini.



Tiap core akan diwakili oleh kubikasi kecil lengkap dengan keterangan beban yang sedang dikerjakan. Sedangkan untuk melihat lebih rinci, pengguna tinggal menggeserkan cursor ke kotak yang diinginkan.

Selain menghemat tempat, desain seperti ini juga diklaim lebih mudah untuk memantau sistem baik itu pemakai server, atau komputer rumahan. Hanya saja belum diketahui kapan pengguna rumahan bisa menikmati prosesor dengan ratusan core seperti itu.




( eno / fyk )

Sumber detik com

Artikel yang Berkaitan

0 komentar:

Post a Comment