Wednesday, November 9, 2011

Pedalaman Papua akan Dijadikan Desa Informasi

Pedalaman Papua akan Dijadikan Desa Informasi

Jakarta - Banyak wilayah di Papua yang disinyalir belum mendapatkan akses telekomunikasi yang layak. Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) pun berencana membangun akses telekomunikasi di desa-desa pedalaman Papua untuk menjadi Desa Informasi.

"Desa informasi ini akan mendapatkan pelayanan telepon, internet, radio komunitas sampai televisi. Tentunya tidak langsung keempatnya tapi bertahap," jelas Basuki Yusuf Iskandar, Sekjen Kementerian Kominfo di Jakarta, Rabu (9/11/2011).

Daerah Papua dinilai mempunyai tantangan tersendiri sehingga diperlukan terobosan dalam membangun layanan telekomunikasi. Daerah-daerah sangat terpencil di sana ditargetkan mendapat akses telekomunikasi yang baik.

"Sebenarnya Papua juga ikut USO (Universal Service Obligation) tapi Menkominfo Tifatul Sembiring memandang perlunya breakthrough di wilayah-wilayah yang sangat terpencil," jelas Gatot S. Dewabroto, Kepala Pusat Informasi dan Humas Kominfo.

Program Desa Informasi juga tak lepas dari memanasnya situasi di Papua, dari isu politik sampai peperangan antar suku. Titik titik tertentu di Papua akan menjadi Desa Informasi agar masyarakat mudah mendapat akses telekomunikasi.

"Kita akui daerah Papua menantang secara geografis. Untuk mempercepat pembangunan telekomunikasi, maka Menkominfo kemarin menginstruksikan hal itu," imbuh Gatot.

Karena baru diputuskan kemarin, maka pembangunan Desa Informasi di Papua masih dalam tahap rencana. Saat ini masih digodok desa mana saja yang akan menjadi sasaran pembangunan.




( fyk / rou )

Sumber detik com

Artikel yang Berkaitan

0 komentar:

Post a Comment