Thursday, September 15, 2011

Yahoo, AOL dan Microsoft Keroyok Google

Yahoo, AOL dan Microsoft 'Keroyok' Google

Jakarta - 3 perusahaan internet: Yahoo, AOL dan Microsoft dilaporkan tengah menjalin kerjasama untuk meningkatkan pendapatan yang didapat dari penjualan iklan.

Kerjasama yang terjalin di antara mereka juga dimaksudkan untuk lebih kompetitif saat berhadapan dengan sang pesaing tangguh, Google.

Dari hasil diskusi yang mereka gelar di New York, Selasa lalu, perusahaan-perusahaan tersebut sepakat untuk menjual iklan di masing-masing situs. Mereka juga setuju untuk lebih menyederhanakan proses transaksi iklan dengan para pengiklan atau media buyer.

Dilaporkan bahwa mereka kehilangan banyak pundi-pundi akibat menjalankan proses transaksi iklan dengan bantuan pihak ketiga atau ad network (perusahaan yang mengubungkan pengiklan dengan situs yang menjual space iklan). Nantinya, ketiga perusahaan itu akan berbagi pendapatan.

Pundi-pundi yang mereka hasilkan juga tidak membaik akibat para pengiklan lebih memilih untuk membelanjakan anggaran iklannya di mesin pencari Google. Menurut data dari eMarketer, Google memang mendominasi pasar iklan dengan meraih market share sebesar 76%.

Hasil lain yang didapat dari negosiasi tersebut ialah bahwa mereka juga setuju untuk menjual space iklan 'kelas ke-2' alias space 'sisa' yang terdapat di bagian bawah halaman. Dikutip detikINET dari NewYorkTimes, Kamis (15/9/2011), rencana tersebut diharapkan bisa dimulai di akhir tahun ini.




( sdj / wsh )

Sumber detik com

Artikel yang Berkaitan

0 komentar:

Post a Comment