Friday, September 16, 2011

Ambisi Intel Ciptakan Perangkat Hemat Energi

Ambisi Intel Ciptakan Perangkat Hemat Energi

San Fransisco - Intel telah memamerkan salah satu inovasinya dengan menciptakan sebuah prosesor komputer paling hemat daya. Prosesor tersebut bisa digunakan hanya dengan mengandalkan tenaga surya.

Dalam ajang Intel Developer Forum (IDF) yang digelar di Moscone Center West, San Fransisco 13-15 September 2011, Intel berhasil mengundang decak kagum para pengunjung dengan memamerkan prosesor hemat energi.

Prosesor tersebut dioperasikan hanya dengan mengandalkan sebuah baterai kecil penyimpan tenaga surya. Meski perangkat pendukung lainnya masih menggunakan sumber daya konvensional, namun hal ini tetap saja sebuah terobosan yang hebat.

"Prosesor ini hanya membutuhkan daya tak lebih dari 10 mili watt, dan ini bisa menjadi masa depan sebuah perangkat ultra irit dengan cakupan yang lebih luas," ujar Sriram Vangal, Principal Research Scientist Intel.

Meski irit listrik, namun performa prosesor ini cukup lumayan. Pada keadaan optimal tenaganya bisa terdongkrak hingga 10 kali lipat, dan sanggup memainkan game sekelas Quake Arena. Meski juga tak dipungkiri jika masih ada gejala lag di dalamnya.

Komponen hemat energi lainnya adalah memory RAM. Produk ini disebut Intel dengan nama Hybrid Memory Cube. Memory ini diklaim sangat hemat energi, dan pada demonstrasi yang dipertontonkan, total bandwidth yang dihasilkan mencapai 120GB/detik, jauh melampaui DDR3 dan DDR4.

"Ini semua membuktikan bahwa Intel akan terus mengembangkan chip yang tidak hanya hemat daya, namun juga tetap bertenaga," pungkas Justin Rattner, Intel Chief Technology Officer adn Director Intel Labs, seraya menutup perhelatan IDF 2011.




( eno / fyk )

Sumber detik com

Artikel yang Berkaitan

0 komentar:

Post a Comment