Sunday, September 25, 2011

XL Bangun Jalan Tol 3G di Sumatera

XL Bangun 'Jalan Tol' 3G di Sumatera

Jakarta - Sejak mendapatkan tambahan kanal kedua (second carrier) 3G menjadi 10 MHz, operator seluler XL Axiata terus memperkuat jaringan komunikasi datanya di kota-kota besar seluruh Indonesia, termasuk di Sumatera.

Guna memastikan kualitas jaringannya di Sumatera dan kepulauan di sekitarnya, XL pun melakukan serangkaian uji jaringan di Batam dan Medan pada September 2011 ini. Uji jaringan ini bertujuan untuk membuktikan kemampuan dan kesiapan jaringan dalam komunikasi data.

"Di kota-kota besar di Sumatera, jaringan XL telah siap dan mampu melayani komunikasi data yang sudah menjadi kebutuhan masyarakat," ujar VP XL West Region, Agus Simorangkir, dalam keterangan tertulisnya, Minggu (25/9/2011).

"Saat ini terjadi peningkatan penggunaan layanan data oleh pelanggan. Dan hal inilah yang mendorong XL untuk terus mengoptimalkan jaringan agar seluruh pelanggan dapat terkoneksi dan berinteraksi serta bertransaksi menggunakan jaringan XL," paparnya lebih lanjut.

Uji jaringan telah diselenggarakan di Batam dan Medan. Di Batam, pengujian dilakukan di Nagoya Hill, 16 September 2011. Pengujian dengan menggunakan modem dan BlackBerry Onyx. Dengan modem, XL berhasil mengunduh (download) file dengan kecepatan masing-masing 0,6 Mbps (tes 1), 0,69 Mbps (tes 2), dan 0,77 Mbps (tes 3).

Sementara dengan menggunakan BlackBerry Onyx, XL berhasil mengunduh film tipe 3GP berukuran 17,8 MB dalam waktu singkat. Kecepatan unduh XL untuk ini mencapai 42,3 Kbps.

Di Medan, pengujian dilakukan di Cambridge Mall, 22 September 2011. Dengan menggunakan Modem, BlackBerry, dan smartphone lainnya. Menggunakan modem, XL mempunyai kecepatan mengunduh 0,71 Mbps, kecepatan mengunggah (upload) 0,35 Mbps. Menggunakan BlackBerry, saat mengunduh film dengan kapasitas file yang sama, kecepatannya mencapai 762 Kbps.

Agus menambahkan, saat ini semua site XL di Kota Medan sudah menggunakan second carrier, yaitu dua 3G per BTS (Base Transceiver Station), sehingga jaminan kecepatan yang didapatkan pelanggan akan jauh lebih baik.

Jumlah BTS XL di Medan ada 934 BTS dan 252 BTS di antaranya sudah memiliki 3G. XL berharap seluruh BTS pada akhir tahun ini akan terpasang 3G.

Khusus untuk Medan, target XL adalah menjadikan kota terbesar ke-3 di Indonesia ini sebagai 'Broadband City'. Syarat untuk predikat itu adalah di seluruh kota yang sudah tersedia jaringan infrastruktur telekomunikasi yang andal, dan berkualitas terutama untuk komunikasi mobile data.

"XL di Medan dan Batam menyediakan 'jalan tol' yang memungkinkan akses data berselancar dengan mulus," kata Agus.

Total jumlah pelanggan layanan data/internet XL mencapai 30 juta yang dilayani dengan dukungan 24.971 BTS (2G/3G) per akhir Juni 2011.



( rou / rou )

Sumber detik com

Artikel yang Berkaitan

0 komentar:

Post a Comment