Thursday, September 29, 2011

Nokia akan Pecat 3.500 Pegawai

Nokia akan Pecat 3.500 Pegawai

Jakarta - Nokia akan melakukan pemecatan pada ribuan karyawannya. Pengumuman ini berbarengan dengan pemberitahuan bahwa perusahaan tersebut juga hendak mengurangi pabriknya.

Total ada sebanyak 3.500 pekerja yang akan dirumahkan oleh Nokia hingga akhir tahun 2012 ini dan jumlah tersebut kabarnya akan bertambah lagi pada tahun berikutnya.

Sedang pabrik yang akan ditutup ialah yang berada di Rumania. Tak cukup hanya menutup 1 pabrik, Nokia juga sedang mereview rencana penutupan pabrik yang berlokasi di Finlandia, Meksiko dan Hungaria. Pun juga di pabrik di Bonn, Malvern serta Pennsylvania mungkin akan mengalami nasib serupa.

Tahun lalu, pemecatan besar-besaran dilakukan Nokia dengan menghentikan 4.000 pekerja serta mentransfer 3.000 karyawannya ke Accenture bersamaan dengan software Symbian. Dilaporkan, transfer ini dilakukan untuk lebih menyukseskan adopsi Windows Phone 7 milik Microsoft.

Akan tetapi pemecatan ini tidak menggoyahkan komitmen Nokia di Eropa. Dikutip detikINET dari Bloomberg, Kamis (29/9/2011), Nokia mengatakan pihaknya akan tetap mempertahankan fasilitas research & development-nya di Eropa.

Dalam pernyataan yang terpisah, Nokia mengumumkan bahwa kerjasamanya dengan Siemens AG, Nokia Siemens Network telah mendapatkan suntikan dana 1 miliar Euro dari perusahaan induknya. Dana ini dipakai guna menguatkan posisi finansial mereka.




( sha / fyk )

Sumber detik com

Artikel yang Berkaitan

0 komentar:

Post a Comment