Wednesday, April 20, 2011

Layanan Voice dan Data Call Telkomsel di Utara Kaltim Dikeluhkan

Malinau - Layanan panggilan suara (voice call) dan panggilan data (data call) operator selular Telkomsel di sejumlah wilayah utara Kalimantan Timur dikeluhkan. Buruknya layanan dinilai mengganggu kelancaran komunikasi masyarakat setempat.

Buruknya layanan panggilan suara selular Telkomsel, ditunjukkan dengan terjadinya drop call saat melakukan panggilan keluar. Meski full signal, drop call tetap tidak terhindarkan.

"Saya sudah 4 bulan ini tugas di Malinau, sering drop call. Tidak perubahan dan perbaikan," kata salah seorang pegawai Bank cabang Malinau, Dian, dalam perbincangan dengan detikINET di Malinau Kota, Selasa (19/4/2011) siang WITA.

"Kadang memang bisa menelpon. Tapi beberapa menit, putus. Coba lagi, beberapa menit putus lagi," ujar Dian.

Dalam kesempatan yang sama, Gofar, salah seorang warga Samarinda yang menginap di salah satu penginapan di Malinau Kota, juga menyayangkan kualitas layanan panggilan data Telkomsel di Malinau.

"Saya pakai modem. Tertulis HSPA, kadang HSDPA. Tapi ga bisa digunakan alias ngadat. Padahal BTS, tidak jauh dari tempat saya menginap," imbuh Gofar.

Kondisi serupa, juga dialami detikINET di Malinau Kota. Pada layar ponsel, sinyal terlihat hingga 5 bar. Namun saat melakukan panggilan suara, dalam beberapa menit terputus dengan tampilan 'Connection Failed' hingga 'Call Ended'. Fakta itu terjadi berulang-ulang.

"Saya juga nelpon keluar susah sekali. Selalu panggilan gagal. Kalau bisa lakukan panggilan, terputus mendadak di tengah pembicaraan," timpal Khairil, salah seorang penghuni penginapan lainnya.

Tidak hanya di Malinau, layanan Telkomsel di Kabupaten Bulungan, yang juga berada di utara Kalimantan Timur, juga tidak jauh berbeda.

"Di layar tertulis EDGE huruf besar. Tapi layanan BBM, browsing, lambat sekali. Kadang ngadat," ujar Wahyu Ramadhani, salah seorang warga yang menginap di penginapan di Kabupaten Bulungan.



( fw / fw )

Artikel yang Berkaitan

0 komentar:

Post a Comment