Wednesday, April 20, 2011

Apple Dituding Jiplak Samsung Lebih Dulu

Jakarta - Apple menyeret Samsung ke pengadilan terkait penjiplakan desain produk. Banyak pihak menanggapi sengketa ini, termasuk beberapa fans Android yang dilaporkan berargumen bahwa justru Apple yang sejatinya meniru Samsung sejak awal.

Mereka mengajukan bukti Samsung terlebih dulu merilis ponsel layar sentuh berwujud sama dengan iPhone. Handset itu adalah Samsung F700, yang pertama kali dipamerkan pada pameran Cebit di 2006 atau sekitar setahun sebelum iPhone pertama terbit.

Ya, jika dilihat F700 sangat mirip iPhone. Hanya saja argumen lain berpendapat F700 belum ditunjukkan Samsung sampai Februari 2007, atau sebulan setelah debut iPhone pertama. F700 dikatakan terburu-buru dirilis Samsung sebagai jawaban untuk iPhone.

Namun jikalaupun argumen terakhir itu benar, F700 tetap membawa beberapa fitur yang tidak dimiliki oleh iPhone generasi pertama. Misalnya support 7,2Mbps HSDPA dan kamera berkekuatan 5 megapixel.

Protes LG

Di sisi lain, Apple dahulu pernah dikomplain LG bahwa iPhone meniru desain produk LG, yakni LG Prada yang telah dipertunjukkan sejak tahun 2006. Seperti iPhone, ponsel ini berbentuk persegi dan jadi ponsel pertama di pasaran dengan layar sentuh kapasitif.

Kala Apple memperkenalkan iPhone, pejabat LG Woo Young Kwak langsung melakukan konferensi pers dan menilai iPhone telah meniru desain Prada.

"Kami menganggap bahwa Apple meniru ponsel Prada setelah desainnya diungkap dan memenangkan penghargaan di tahun 2006," ucapnya, seperti dilansir AppleInsider dan dikutip detikINET, Kamis (20/4/2011).

Namun perusahaan yang sama dengan Samsung, berasal dari Korea Selatan itu memutuskan tidak sampai membawa isu peniruan tersebut ke ranah hukum.




( fyk / fw )

Artikel yang Berkaitan

0 komentar:

Post a Comment