Saturday, June 25, 2011

Nokia Siemens Network Kenalkan BTS Daya Tinggi

Jakarta - Nokia Siemens Network mengumumkan modul radio berdaya besar untuk arsitektur Liquid Radio mereka. Dengan peningkatan daya, cakupan pun bisa lebih besar.

Modul radio baru berdaya besar ini adalah bagian dari keluarga Flexi Multiradio Base Station dengan arsitektur Liquid Radio. Seperti dikutip dalam keterangan yang diterima detikINET, Sabtu (25/6/2011), modul bernama Flexi RF Module Triple 90 W ini diperkenalkan dalam CommunicAsia 2011 di Singapura.

Dengan output daya lebih besar, modul ini menawarkan cakupan GSM yang lebih besar dan kapasitas data 3G yang lebih tinggi di tepi cell. Klaimnya, kinerja BTS yang menggunakannya bisa 40% lebih besar.

Modul radio merupakan bagian dari Base Transceiver Station (BTS) yang digunakan untuk memperkuat sinyal radio sebelum dipancarkan oleh antena BTS.

Modul radio ‘all in one’ dari Nokia Siemens Networks ini dapat digunakan untuk semua jenis instalasi, seperti situs dalam ruangan, luar ruangan, terdistribusi, mast pole dan 6-sektor dan dapat memberikan daya hingga 240 watt per sektor atau memberikan output 80 watt kepada masing-masing dari 3 sektor.

Modul radio tersebut juga dapat mengalokasikan carrier dalam rentang 60MHz, misalnya untuk operator yang pita frekuensinya terpisah-pisah. Modul ini mendukung kombinasi teknologi GSM, 3G, LTE atau LTE Advanced dalam satu unit.

"Modul radio baru kami cocok untuk pemakaian ulang frekuensi GSM untuk layanan HSPA+ dan LTE serta penggelaran jaringan bersama," kata Thorsten Robrecht, head of Network Systems product management, Nokia Siemens Networks.

Varian-varian frekuensi pertama dari modul radio ini —-meliputi pita frekuensi 900, 900 J, 1800 dan 2100—- akan tersedia untuk digelar secara komersial pada awal 2012. Varian-varian lain akan diluncurkan pada semestar pertama 2012.


Sumber detik com

Artikel yang Berkaitan

0 komentar:

Post a Comment