Thursday, November 24, 2011

Robot Curiosity Siap Lacak Kehidupan di Mars

Robot Curiosity Siap Lacak Kehidupan di Mars

Jakarta - Badan antariksa NASA akan meluncurkan robot angkasa terbarunya yang dinamakan Curiosity. Robot ini akan segera menyambangi Mars dengan misi utama menemukan apakah benar kehidupan pernah eksis di planet merah tersebut.

Robot berharga USD 2,5 miliar ini akan mengangkasa dari pangkalan Cape Canaveral Air Force Station pada Sabtu (26/11) waktu Amerika Serikat. Curiosity diklaim sangat canggih.

"Mesin ini tidak hanya yang paling kapabel secara teknis yang pernah dikirim ke planet lain, namun juga yang paling mumpuni secara ilmiah," kata Aswin Vasavada, ilmuwan di Jet Propulsion Laboratory NASA.

Curiosity mulai didesain tahun 2004. Selama 23 bulan setelah mendarat di Mars, ia akan menganalisis sampel yang diambil dari permukaan Mars dengan daya jelajah lebih luas dibanding robot sebelumnya.

Curiosity akan membawa perangkat laboratorium paling maju dibanding robot sebelumnya yang pernah menjelajahi Mars. Dia dua kali lipat lebih panjang dan lima kali lebih berat dibanding robot eksplorasi Mars lainya, Spirit dan Opportunity.

Dikutip detikINET dari DailyMail, Kamis (24/11/2011), Curiosity dilengkapi dengan enam roda serta kamera sehingga tim di bumi bisa menentukan arah perjalanannya. Ia memiliki lengan robotik untuk mengambil sampel dan menganalisisnya.

Tujuan misi ini adalah menginvestigasi apakah pernah ada kondisi di Mars yang memungkinkan adanya kehidupan di masa lalu. Curiosity akan mendarat Kawah Gale yang dinilai sebagai lokasi tepat. Yaitu berupa wilayah pegunungan dan dipercaya memiliki dataran rendah dengan endapan dan lumpur yang mengandung air, dan bisa jadi ada tanda kehidupan.




( fyk / ash )

Sumber detik com

Artikel yang Berkaitan

0 komentar:

Post a Comment