Wednesday, November 23, 2011

Kaspersky: Kata Siapa Linux dan Mac Bebas Virus?

Kaspersky: Kata Siapa Linux dan Mac Bebas Virus?

Jakarta - Persepsi tentang Linux dan Mac yang konon digembar-gemborkan bebas dari ancaman virus dan malware coba ditepis Kaspersky Lab. Keduanya belum tentu aman dari serangan, meskipun jumlahnya tak sebanyak sistem operasi (OS) lainnya.

Menurut riset Kaspersky Lab hingga September 2011 kemarin, ada lebih dari 1.000 serangan malware yang menghampiri Mac OS dan 3.351 serangan terhadap Unix based.

Untuk serangan terhadap Unix based, jumlah terbesar menghampiri Linux dengan angka 2.825. Sisanya, OSX 137, Solaris 3, SunOS 122, Unix 213, dan FreeBSD 51.

"Memang masih kecil jumlahnya, namun serangan itu nyata adanya," kata Gun Suk Ling, Director Corporate Sales Kaspersky Lab untuk Asia Pasifik, di Hotel Le Meridien, Jakarta, Rabu (23/11/2011).

Ia pun berpendapat, serangan yang dialami Mac dan Linux memang belum terlalu berpengaruh. Namun dampak dari serangan itu, bisa berimbas pada platform OS lainnya.

"Salah satu contoh dampaknya adalah penyebaran virus multiplatform. Mac dan Linux efektif untuk menyebarkan virus ke OS lain saat transfer data, misalnya. Virus dan malware yang mengendap di kedua OS itu bisa ikut terbawa," jelas dia.



( rou / ash )

Sumber detik com

Artikel yang Berkaitan

0 komentar:

Post a Comment