Friday, October 28, 2011

Menjajal iOS 5 di iPhone dan iPad

Menjajal iOS 5 di iPhone dan iPad

Jakarta - IOS 5 memang diperkirakan bakal menjadi sesuatu asik bagi para pengguna iPhone dan iPad dari Apple. Pengembangan ini menghasilkan sesuatu yang inovatif dan mudah untuk melihat serta menata notifikasi di satu tempat.

Nantinya para pengguna yang sudah update ke IOS 5 bisa melihat pesan teks, missed call, peringatan secara langsung. Selain itu apa hal yang ditunggu-tunggu tentang kehadiran IOS 5 adalah hadirnya beberapa fitur baru.

iMessage. iMessage digadang-gadang bakalan menjadi saingan berat BBM karena ini adalah aplikasi chat untuk pengguna produk Apple tersebut. Dengan kehadiran iMessage dapat memudahkan pengguna untuk saling berkirim pesan teks, foto, video dan informasi kontak. Tapi ini bisa dilalui dengan koneksi Wi-Fi atau 3G yang stabil dan kuat tentunya.

Twitter. Tingginya popularitas Twitter membuat Apple juga telah melakukan integrasi langsung bagi yang sudah menggunakan iOS 5. Dengan sekali log in, pengguna iPhone atau iPod Touch bisa langsung melakukan aktivitas Twitter dengan mudah melalui Safari, bahkan Youtube.


Notification Centre. Adanya fitur Notification Center bisa menghadirkan hal-hal terbaru terbaru dari aplikasi-aplikasi yang kita gunakan digunakan. Misalnya saat bermain Twitter, kita menggun reply dari teman, maka akan muncul notifikasi tentang hal tersebut.


PC Free. Hadirnya fitur ini bisa mengatur perangkat yang sudah didukung iOS secara "out of the box" artinya tanpa menggunakan PC kita bisa mendapatkan software updates over the air (OTA) tanpa terkoneksi ke komputer.

Newsstand. Sebuah Fitur Newsstand ini merupakan bookshelf yang memberikan cara baru membeli dan menata berlangganan koran dan majalah digital.

Kamera dan aplikasi foto. Jika sebelumnya kita harus menggeser Lock Screen saat memotret kini dengan kehadiran iOS 5 memberikan kemampuan baru yaitu pengguna bisa memotret dengan menggunakan tombol volume-up.

Selain itu pada aplikasi foto yang sudah didukung sistem operasi iOS 5, kita bisa mengutak-atik foto karena tersedianya remove red-eye, crop, rotate serta berbagai fitur aplikasi foto lainnya.

Sementara itu saat kami mencobanya di iPad, ada beberapa fitur terbaru diantaranya adalah New multitouch gestures. Dengan cara swipe jari-jari kita ke arah screen nantinya kita akan dihadapkan pada multitasking bar. Swipe ke kiri dan kanan saat ada di dalam aplikasi akan memberikan fungsi flip antar aplikasi tanpa multitasking bar.

Split keyboard. Menekan dan tahan icon hide keyboard dan dragging ke atas, kita bisa memecah keyboard menjadi dua bagian. Dengan terbagi menjadi dua maka pengetikan akan bisa terasa lebih mudah terutama jika kita terbiasa memakai jempol dan memegang iPad dengan dua tangan.

Synched notifications. iOS 5 didesain dengan sistem notifikasi yang ada di iDevices. Disebut sebagai Notification Center, fitur ini juga memberikan model baru dalam pengaturan notifikasi di iPad. Fungsi yang unik ditunjukkan dengan adanya kemampuan pop-up di lock-screen iPad.

Browser reading list and reader view. Jika kamu memiliki hobi membaca blog atau cerita lain, kamu bisa menyimpannya di reading list yang ada di Safari browser. Cara ini digunakan jika kita tidak memiliki waktu yang cukup untuk membacanya dan bisa menyimpannya sehingga bisa diakses di lain waktu. Saat membaca artikel tersebut kita bisa switch ke reader view.

Typing shortcuts. Layar iPad yang lebar memudahkan kita untuk mengetik dibanding di layar iPhone yang kecil. Hadirnya iOS 5 semakin memudahkan fungsi pengetikan karena adanya fitur shortcuts.

Global dictionary Tap dan tahan jari kita di sembarang kata di web page atau aplikasi maka nantinya akan terbuka sebuah popup menu yang berisi opsi untuk menampilkan arti dari kata yang sudah di tap tadi. Sebuah fitur yang awalnya hanya bisa kita temukan di iBooks, tapi berkat kehadiran IOS 5 kita bisa mendapatkannya di iPad.

Dari semuanya ini, tentunya membuat persaingan keras antara IOS 5, dengan Android Ice Cream Sandwich, dan tentunya BBX yang bakalan menjadi sistem operasi dari RIM untuk BlackBerry. Sudah kamu mencoba iOS 5 dari perangkat iPhone 3GS, iPhone 4 atau iPod dan iPad kamu?.





( eno / eno )

Sumber detik com

Artikel yang Berkaitan

0 komentar:

Post a Comment