Tuesday, October 25, 2011

Lebih dari Separuh Pabrikan Android Nyetor ke Microsoft

Lebih dari Separuh Pabrikan Android 'Nyetor' ke Microsoft

Jakarta - Perjanjian lisensi paten Microsoft dengan pabrikan Android kini sudah mengcover lebih dari setengah keseluruhan piranti Android. Tonggak sejarah ini ditandai dengan kesepakatan terbaru Microsoft, yakni terhadap perusahaan Taiwan, Compal.

Atas perjanjian tersebut, Compal pun bergabung dengan pabrikan Android lain seperti Samsung, HTC dan Acer. Perusahaan-perusahaan ini mendapat perlindungan di bawah portofolio paten Microsoft di mana ini akan mencegah mereka mereka mendapat tuntutan pihak lain atas alasan pelanggaran hak cipta.

Dana sebesar USD 4,5 milyar telah digelontorkan Microsoft pada dekade terakhir guna melisensi paten dari perusahaan lain. Hal ini menyiratkan bahwa raksasa software tersebut memiliki tujuan 'mulia' yakni menghormati hak intellectual property (IP).

Dikutip detikINET dari VentureBeat, Senin (24/10/2011), dengan perjanjian Compal, Microsoft mengatakan bahwa mereka sekarang telah memiliki perjanjian lisensi dengan 55% Android Original Design Manufacturer (perusahaan yang membangun piranti Android untuk perusahaan lain).

"Alih-alih mengalami ketidakpastian dan perang hak paten, kami melakukan sejumlah kesepakatan yang beralasan dan adil bagi kedua belah pihak," ujar Brad Smith dan Horacio Gutierrez dari pihak Microsoft.

Tonggak sejarah terbaru juga mengartikan bahwa Microsoft makin meraup banyak uang dengan kesuksesan yang diraih Android. Karena, dari tiap piranti Android yang terjual dari partnernya Microsoft mendapat pemasukan.



( sha / wsh )

Sumber detik com

Artikel yang Berkaitan

0 komentar:

Post a Comment