Tuesday, October 25, 2011

APJII Bangun Internet Exchange di Jatim

APJII Bangun Internet Exchange di Jatim

Surabaya - Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) menandatangani perjanjian kerja sama dengan PT Omadata Indonesia untuk pengembangan Indonesia Internet Exchange APJII wilayah Jawa Timur.

"Diharapkan dengan terjalinnya kerjasama ini akan meningkatkan content-content lokal di Jawa Timur serta diharapkan akan terjadi penghematan bandwidth untuk ISP di Jawa Timur," kata Irvan Nasrun selaku Ketua Bidang IIX & Data Center APJII, dalam keterangan yang diterima detikINET, Selasa (25/10/2011).

Indonesia Internet Exchange atau IIX merupakan tempat terhubungnya berbagai ISP (Internet Service Provider) dengan maksud menyatukan lalu lintas antar ISP di Indonesia, sehingga tidak perlu transit ke luar negeri.

Tujuan IIX adalah membentuk jaringan interkoneksi nasional yang punya kemampuan dan fasilitas yang sesuai dengan kebutuhan, untuk dipakai ISP yang memiliki izin operasi di Indonesia. ISP yang tersambung ke IIX tak perlu membayar biaya lebar pita, hanya biaya sambungan fisik seperti serat optik, jalur nirkabel atau sewaan, yang berbeda-beda.

IIX merupakan Internet Exchange pertama di Indonesia yang dibentuk oleh APJII. Pada saat ini IIX terdapat di kota Jakarta, Yogya, dan Surabaya.


( fyk / rou )

Sumber detik com

Artikel yang Berkaitan

0 komentar:

Post a Comment