Friday, December 16, 2011

Apple Lepas Simpul Ketergantungan dari Asia

Apple Lepas 'Simpul' Ketergantungan dari Asia

Jakarta - Apple dikenal sangat bergantung pada pabrikan di Asia, baik dalam mendapatkan komponen maupun merakit gadget populernya. Kini produsen iPhone itu perlahan melepas 'simpul' ketergantungannya dengan mulai menerima komponen penting untuk gadgetnya dari pabrik yang lokasinya lebih dekat dengan perusahaannya, yakni di Texas, AS.

Tengok saja, prosesor A5 yang menjadi otak iPhone 4S dan iPad 2, diproduksi di pabrik seluas 1,6 juta kaki persegi di Austin, Texas, AS. Memang, pabrik ini milik Samsung yang notabene masih perusahaan asal Asia. Namun setidaknya, komponen-komponen tersebut kini didatangkan dari tempat yang lebih dekat.

Salah satu komponen penting yang didatangkan dari dalam AS itu dibuat Samsung di pabrik senilai USD 3,6 miliar yang sebagian besar menangani line produksi chip non-memory. Produksinya sudah dimulai sejak awal bulan ini.

Dilansir Reuters dan dikutip detikINET, Jumat (16/12/2011), narasumber internal yang enggan disebutkan namanya menyebutkan perusahaan asal Korea Selatan itu mulai memasok prosesor A5 untuk Apple tahun ini dari pabrik di Texas.

Hampir semua produksi chip non-memory dari pabrik tersebut didedikasikan untuk Apple. Samsung juga memproduksi chip NAND flash memory di pabriknya tersebut.

Apple seperti biasanya menolak berkomentar dengan mengatakan laporan ini tidak menjelaskan detail hubungan kemitraan dengan pemasok yang dimaksud. Juru bicara Samsung pun mengambil sikap yang sama dan menolak membocorkan spesifikasi chip yang dibuat pabrik di Texas.

Namun juru bicara tersebut mengonfirmasikan, pabriknya memproduksi sederet line chip, salah satunya A5. Chip prosesor A5 yang mendapat lisensi dari ARM Holdings asal Inggris, dirancang Apple di California.

Chip ini memulai debutnya di iPad 2 Maret silam dan kini dipakai juga di iPhone 4S. Chip berukuran 120 milimeter persegi ini diklaim dua kali lebih cepat dari pendahulunya, A4 yang juga dibuat oleh Samsung.


( rns / ash )

Dapatkan berita daerah, gossip & olahraga diHandphone Nokia dengan mengaktifkan layanan Nokia Life Tools

Tetap update informasi di manapun dengan http://m.detik.com dari browser ponsel anda!

Sumber detik com

Artikel yang Berkaitan

0 komentar:

Post a Comment