Jaringan Telekomunikasi Lancar Selama Lebaran
Jakarta - Tiga operator besar seperti Telkomsel, Indosat, dan XL Axiata mengklaim sukses melayani lonjakan trafik seluler sebelum dan sesudah hari Lebaran berkat kesiapan jaringan yang direncanakan secara matang.
"Jaringan XL sukses melayani pelanggan jelang dan sesudah Idul Fitri 1432 H. Layanan terhadap pelanggan tidak mengalami gangguan yang berarti," kata head of Corporate Communication XL, Febriati Nadira, Kamis (1/9/2011).
Pernyataan serupa juga disampaikan head of Corporate Communication Indosat Djarot Handoko, dan General Manager Corporate Communication Telkomsel Ricardo Indra.
Dipaparkan oleh Ira, sapaan akrab Febriati Nadira, XL yang memiliki 38,9 juta pelanggan pada hari biasa atau waktu normal mencatatkan trafik percakapan suara 530 juta menit, SMS sebanyak 630 juta pesan, dan data 33 terabytes per hari.
Sementara pada saat Lebaran 31 Agustus 2011, trafik percakapan naik 17% jadi 620 juta menit, SMS naik 23,8% jadi 780 juta SMS, dan data naik 4,5% menjadi 34,5 terabytes
"Kenaikan trafik secara nasional pada Lebaran mencapai 23,37%, dimana kenaikan tertinggi di Central Jabar, Jateng & DIY) 61,07%, disusul Northern Sumatera (Sumut, NAD, Riau, Ridar & Sumbar) 31,11%, dan East (Jatim, Bali, NTB & NTT) 29,91%," ujarnya.
Sementara Indosat yang memiliki 47,3 juta pelanggan, pada 29 Agustus mengalami peningkatan trafik suara 22,18% menjadi 392,8 juta menit dibandingkan dengan trafik voice reguler tertinggi pada pertengahan Juli 2011.
Kenaikan tertinggi trafik voice terjadi di area Jawa Tengah (53,1%), Jawa Barat (42,7%), Jawa Timur (35,5), Sumatera Selatan (29,9%), Kalimantan (17,8%) dan Sumatera Utara (10,7%).
Sedangkan trafik SMS naik 19,7% menjadi 862 juta SMS dibandingkan trafik SMS pada pertengahan Juli 2011. Keberhasilan kirim antar pelanggan Indosat lebih dari 96,72%. Sedangkan tingkat keberhasilan pengiriman SMS ke antaroperator mencapai 97,4% walau terjadi kepadatan jalur pengiriman.
"Kenaikan tertinggi trafik SMS terjadi di Three 31,5%, XL 23,5%, Smart 18,7%, Ceria 16,5% dan Telkomsel 14,7%," papar Djarot.
Trafik data Indoat pada 29 Agustus kemarin juga naik 11,7% menjadi menjadi 28,87 Terabyte dibandingkan trafik data pada pertengahan Juli 2011.
Operator lain yang paling sibuk melayani jaringan pelanggan adalah Telkomsel. Anak perusahaan Telkom dan SingTel ini mencatatkan peningkatan jumlah trafik SMS 31% pada 30 Agustus (H-1) dari 864 juta menjadi 1,057 miliar pesan yang terkirim.
Tak hanya itu, Telkomsel juga mencatatkan trafik tinggi pada pengiriman pesan multimedia (MMS). Tercatat MMS meningkat 43% dari 964 ribu menjadi 1,6 juta.
Sedangkan untuk voice, pada Lebaran 2010 Telkomsel mencatatkan 13,8 juta menit dan 16,1 juta menit per 30 Agustus 2011 ini. Akses data Telkomsel juga. Untuk akses data, Telkomsel yang memberikan data year on year mencatat, trafik data pada Lebaran 2010 berkisar 40,830 terabyte, tumbuh menjadi 89,138 terabyte di Lebaran tahun ini.
Dari keempat layanan utama yang diselenggarakan Telkomsel, lonjakan signifikan masih didominasi oleh pesan singkat SMS. Saking tingginya, program bonus SMS gratis yang biasanya dinikmati pelanggan pun dinonaktifkan selama Lebaran. Sayangnya, sosialisasi penghentian bonus ini hanya diberitahukan di situs Telkomsel saja.
"Ada pengumumannya di website kami. Demi kelancaran Anda berkomunikasi selama Lebaran, promo akan ditutup sementara pada tanggal 27 Agustus-2 September 2011," jelas Ricardo Indra.
Dalam Lebaran tahun ini, pemerintah telah memprediksi sekurang-kurangnya ada 2 miliar layanan pesan singkat (SMS) terkirim pada H-1 hingga H+1. Sedangkan percakapan akan berlangsung minimal 2,5 miliar menit. Selain itu, diperkirakan akan digunakan sebanyak minimal 250 terabyte untuk layanan data, khususnya internet.
( rou / rou )
Sumber detik com
0 komentar:
Post a Comment