Sunday, January 1, 2012

Google Hentikan Proyek Energi Murah

JAKARTA--Google Inc menghentikan sebuah proyek ambisius untuk membuat energi baru dan lebih murah daripada batu bara, sebuah keputusan baru yang dikeluarkan Kepala Eksekutif Google Larry Page untuk mengembangkan Google dengan tenaga efisien.

Google mengatakan pada Selasa telah menghentikan tujuh proyek termasuk Energi Baru dan Lebih murah dari pada Batubara. Layanan ensiklopedia online Wikipedia menyebutnya proyek itu sebagai Knol.

Rencana yang diumumkan Google melalui blog perusahaan menyebutnya sebagai "spring cleaning", sebuah pengumuman yang dibuat Google sejak pendiri Google Page mengambil kendali pada April.

Keputusan itu datang karena Google sedang menghadapi persaingan ketat dalam komputasi mobile dengan Apple dan jejaring sosial dengan Facebook serta  beberapa investor menggerutu tingginya pengeluaran Google.

"Intinya, kami sedang menutup sejumlah produk yang tidak berdampak besar, mengintegrasikan sumber lain sebagai fitur tambahan untuk mengembangkan produk dan mengakhiri beberapa langkah yang berbeda, "tulis Wakil Presiden Senior Operasi Google Urs Holzle dalam posting blog.

Google percaya ada insititusi lain yang dapat mengembangkan energi baru lebih baik "ke tingkat berikutnya.

Google mulai melakukan investasi dan penelitian teknologi untuk menurunkan biaya membuat energi baru pada 2007 dengan memfokuskan pada teknologi tenaga surya.

Pada 2009, Perusahaan Green Energy Czar, Bill Weihl, mengatakan kepada Reuters bahwa ia mampu menunjukkan dalam beberapa tahun kedepan sebuah teknologi yang dapat menghasilkan energi baru dengan harga lebih murah daripada batu bara.

"Hal itu bahkan ganjil, lebih atau janggal," kata Weihl pada saat itu. "Dalam tiga tahun, kita bisa memiliki beberapa pembangkit yang menghasilkan megawatt di luar sana."

Seorang juru bicara Google mengatakan Weihl telah meninggalkan Google awal bulan ini.

Google mencatat dalam posting blog-nya bahwa mereka akan melanjutkan proyek untuk menghasilkan energi "bersih dan lebih efisien," termasuk pengadaan energi baru untuk pusat data.

Di antara proyek-proyek lain yang termasuk dalam "pembersihan musim semi" yaitu Google Knol, Google Search Timeline, Google Gear, Google Friend Connect, Google Bookmarks Daftar dan Google Wave, sebuah jejaringan sosial dan layanan komunikasi Google yang gagal berkembang.

Google mengatakan pada Desember, semua pesan email dan aplikasi kalender tidak akan lagi berfungsi dengan teknologi Gears yang memungkinkan perangkat lunak Google bekerja ketika tidak terhubung ke Internet. Google sedang bekerja menciptakan kemampuan pengubung off-line ke dalam teknologi HTML5 sebagai gantinya.

Google Friend Connect yang memungkinkan penayang laman menambahkan fitur sosial ke laman mereka akan pensiun pada Maret untuk semua non-laman Blogger. Hal itu karena Google menyarankan pengguna web menggunakan laman jejaring sosial Google+ sebagai gantinya.REPUBLIKA.CO.ID

Artikel yang Berkaitan

0 komentar:

Post a Comment