Wednesday, January 4, 2012

Perang' Facebook & Google+ Memanas di 2012

Jakarta - Facebook memang masih digdaya dengan sekitar 700 juta pengguna. Google+ yang diharapkan menyainginya belum mampu banyak bicara di tahun 2011. Namun di tahun 2012, kompetisi keduanya diprediksi memanas.

Kedua situs jejaring ini bakal bersaing memperebutkan kue iklan jutaan dollar berikut jumlah pengguna. User pun bisa mengharapkan banyak penambahan fitur baru yang disajikan keduanya.

"Ini adalah perjuangan untuk bertahan bagi Facebook dan relevansi untuk Google. Yang terjadi di tahun 2012 akan membuat perbedaan apakah Facebook masih akan ada di akhir dekade dan apakah Google benar-benar relevan di luar mesin cari," sebut Rob Enderle, analis di Enderle Group.

Facebook sendiri berencana menawarkan saham perdana pada paruh pertama 2012. Hal ini bisa membuat Facebook mendapatkan banyak uang dan lebih kuat dalam melawan Google. Namun bisa pula sebaliknya.

"Momen besar adalah penawaran saham perdana Facebook. Google yang lebih terfokus mungkin bisa membahayakan Facebook jika hal itu gagal," kata Patrick Moorhead dari Moor Insights & Strategy.

Google membuat berita besar dengan kemunculan Google+, dengan berbagai fitur mirip Facebook. Namun demikian, harus diakui bahwa Google+ tidak dapat berbuat banyak di 2011.

"Google+ belum membuat banyak kemajuan melawan Facebook tahun ini," sebut Dan Olds, analis di Gabriel Consulting Group, dikutip detikINET dari ComputerWorld, Sabtu (31/12/2011).

Namun dia memproyeksi Google tidak akan menyerah begitu saja. Kompetisi keduanya diperkirakan akan sangat intens di tahun 2012 seiring kue iklan yang makin besar di situs jejaring sosial.

Artikel yang Berkaitan

0 komentar:

Post a Comment