Tuesday, January 17, 2012

Your World, Buat Pencarian Google Lebih Personal

Google akan menyediakan hasil pencarian yang lebih personal dengan mengambil konten dari Google+, termasuk foto, berita dan komentar yang diposting di jejaring sosial tersebut.

Layanan yang disebut Google sebagai Search, Plus Your World ini akan menampilkan lebih banyak konten bagi pengguna yang log in ke akun Google, menyediakan akses ke informasi yang mungkin pernah disimpan maupun diposting si pengguna atau temannya di Google+.

Jika seseorang melakukan pencarian dengan keyword 'anjing' misalnya, foto anjing miliknya atau teman-teman Google+ akan muncul di deretan teratas hasil pencarian.

"Di Google, kami selalu ingin menghadirkan jawaban paling komprehensif dan relevan dari setiap pertanyaaan Anda," kata juru bicara Google Amit Singhal.

"Ini adalah pertama kalinya kami menyajikan konten personal langsung ke halaman pencarian," tambahnya seperti dikutip detikINET dari Washington Post, Rabu (11/1/2012).

Sebagai mesin pencarian nomor satu di dunia, Google berupaya mempertahankan dominasinya dari kompetitor seperti Bing Microsoft yang kini menggandeng Facebook.

Tahun lalu, Bing mulai menampilkan data dari Facebook seperti restoran, brand dan link yang direkomendasikan teman pada hasil pencariannya.

Facebook sendiri saat ini memiliki lebih dari 800 juta anggota. Sedangkan Google+ sampai Oktober tahun lalu 'hanya' 40 juta. Artinya, Google masih harus berjuang ekstra agar hasil pencarian personalnya bisa melebihi duet Bing-Facebook.

Artikel yang Berkaitan

0 komentar:

Post a Comment