Thursday, December 27, 2007

Apa itu CakePHP ?

Yeah, apa sich CakePHP itu ? Sejenis script PHP kah ? Atau CMS (Content Management System), atau apaan ? Emm, secara singkat barangkali CakePHP bisa diterangkan sebagai berikut :

Cake PHP atau orang lebih mengenalnya dengan nama CakePHP, adalah sebuah framework atau kerangka kerja untuk membuat aplikasi CRUD (Create, Read, Update, Delete) berbasis bahasa pemrograman PHP. CakePHP juga menjadi salah satu framework pilihan

yang memungkinkan seorang developer web untuk membuat sebuah aplikasi dengan karakter pengembangan RAD (Rapid Application Development), yang memungkinkan untuk digunakan dan dikembangkan menjadi aplikasi lain yang lebih kompleks. CakePHP masih satu keturunan dan mempunyai hubungan darah yang cukup erat dengan Ruby on Rails, sebuah framework pemrograman Ruby. Artikel kali ini akan menjelaskan sedikit mengenai CakePHP. Harapannya, sebagai developer web kita tidak hanya terpaku pada satu metode konvensional saja, akan tetapi cobalah untuk meningkatkan kemampuan kita dalam mengembangkan aplikasi, seiring dengan semakin mudah dan berkembangnya bahasa pemrograman PHP itu sendiri.

Menurut pengalaman penulis (halah), CakePHP lumayan lengkap untuk disebut sebagai sebuah framework berbasis PHP. Selain mendukung penggunaan dan pengembangan web service, CakePHP juga sudah mendukung penggunaan AJAX secara built in. Tinggal di-include-kan saja component dari Class nya. Beres !

Beberapa keuntungan menggunakan CakePHP adalah :

1. Ringan . Ya, CakePHP adalah salah satu framework paling ringan yang ada di dunia, dengan ukuran 300 Kb dalam satu file .zip . Salah satu prinsip yang dijunjung tinggi oleh para programmer CakePHP adalah “no we-might-need-it code”, atau dengan kata lain, semua code dalam CakePHP adalah bermanfaat dan selalu digunakan dalam pembuatan aplikasi. Tidak ada code-code sampah yang tidak berguna dan memperbesar ukuran framework secara keseluruhan.

2. Kompatibel dengan PHP 4 dan PHP 5.

3. Scaffolding feature. CakePHP mempunyai fitur yang mampu men-generate prototype aplikasi kita, sebelum kita menyusun source code nya secara lengkap. Cukup tambahkan variabel $scaffold di controller anda, dan zapp ! Aplikasi anda sudah bisa anda nikmati ..

4. Mendukung AJAX. Buat kamu-kamu yang suka mainan animasi real time pake AJAX, CakePHP sudah mendukung AJAX. Yang pasti aplikasi Web 2.0 AJAX yang kamu buat akan berjalan dengan cepat dan mudah.

5. Komunitas developer yang luas. Yah, bagi Anda yang memang sudah siap terjun untuk menjadi pengembang CakePHP, silahkan sambangi komunitas-komunitas yang ada, di irc.cakephp.org, atau di channel #cakephp

6. Yang jelas, CakePHP yang dikembangkan oleh Cake Software Foundation ini sangat cocok untuk diterapkan dalam berbagai project Anda.

Ada beberapa kelemahan juga, sih. Tapi sedang dalam proses perbaikan koq :

1. Dokumentasi yang belum lengkap. CakePHP adalah framework yang selalu berkembang, demikian pula dokumentasinya. Maka dari itu, komunitas pengembang CakePHP selalu meng-update dokumentasi CakePHP, sesuai dengan perkembangan CakePHP itu sendiri

2. Belum ada dukungan internasionalisasi. Ya, sampai saat ini, release terbaru dari CakePHP belum support i18n, alias internasionalisasi bahasa-bahasa yang ada di dunia. Tapi sekali lagi, ini adalah bagian dari proses pengembangan, yang akan disempurnakan di release-release terbaru.
Tertarik?
http://idcake.web.id/ or http://www.cakephp.org/

Artikel yang Berkaitan

0 komentar:

Post a Comment