Friday, November 11, 2011

Serangan Phishing Incar Fans Apple

Serangan Phishing Incar Fans Apple

Jakarta - Vendor keamanan Trend Micro mengidentifikasi adanya aktivitas phishing (pencurian data sensitif) yang membidik para pengguna layanan dan produk Apple. Modus yang digunakan masih tradisional, yakni via email.

Email palsu yang mengaku-ngaku datang dari Apple tersebut tertulis ingin menginformasikan adanya update data yang harus dilakukan pengguna.

"Tim riset keamanan Trend Micro, setelah menyelidiki email tersebut, telah membuktikan adanya aksi phishing yang mengatasnamakan Apple," tukas Trend Micro, dalam keterangannya, Jumat (11/11/2011).

Setelah pesan dibuka, Trend Micro, lalu membandingkannya dengan email serupa kiriman dari Apple yang asli.

Dan dua email yang nyaris sama sepintas itu, ternyata salah satunya adalah menjebak dengan menginput link yang meminta Anda untuk memasukkan data pribadi melalui situs Apple ID buatan si phisher yang ternyata memiliki iklan di bagian bawah halaman.

"Dan ketika Anda terjebak, tanpa disadari Anda akan diminta memasukkan username dan password, yang akan dicuri oleh mereka," lanjut Trend Micro.

Satu tanda yang paling mudah untuk mengenali mana email asli atau palsu dari Apple adalah dengan melihat alamat pengirim email tersebut.

Sebab dalam kasus ini, email palsu yang mengaku dari Apple, dikirim dari alamat do_not_reply@itunes.com via smtp.com. "Gmail juga mendeteksi bahwa email itu dikirim menggunakan layanan email pihak ketiga," Trend Micro menandaskan. Berikut contoh email palsu untuk fans Apple tersebut.







( ash / fyk )

Sumber detik com

Artikel yang Berkaitan

0 komentar:

Post a Comment